KARENA INI TURKI AKAN MENJADI CALON MILITER TERKUAT DI EURASIA

Melihat sejarah, Bangsa Turki pernah menguasai semenanjung Balkan dan kawasan Timur Tengah saat Kesultanan Ottoman berjaya. Negara ini punya sejarah militer dan lapangan yang panjang

Jika hari ini berhitung kekuatan, di darat Turki sangat Besar, Turki memiliki 2.445 tank yang terdiri dari Tank Leopard 1 dan 2, serta M-48 Patton dan M-60 Patton yang merupakan sisa-sisa Perang Dingin. Uniknya M-60 Patton milik Turki justru diupgrade di Israel menjadi Tank Sabra. Kerja sama itu diteken tahun 2002 lalu dengan nilai kontrak USD 688 juta. Secara terbatas, personel militer Turki juga masih menggunakan senapan otomatis Uzi buatan Israel.

Di udara, globalfirepower mencatat Turki memiliki 207 jet tempur serta sekitar 200 jet serang darat sementara Israel 243 buah jet tempur dan jumlah jet serang darat yang hampir sama.

Angkatan Udara Turki mengandalkan F-16 C/D dari AS serta beberapa varian F-4 seperti F-4E/2020 Terminator dan F-4E/TM Phantom II.

Di Laut, Turki memiliki 12 kapal selam, 16 Frigate dan 9 kapal kelas Korvet. Sementara Israel memiliki 6 kapal selam dan 3 kapal korvet, tanpa kapal kelas frigate.

ementara Turki kemungkinan akan didukung oleh koalisi negara Timur Tengah. Tapi kekuatan koalisi ini mungkin tak sekuat saat perang Yom Kippur dan jika terjadi perang, apakah semua negara di jazirah Arab akan kompak mengangkat senjata juga masih menjadi pertanyaan.